Jumat, 27 Januari 2012

Definisi Cinta Dalam Matematika

Didalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata “cinta”. Kita juga sering mendengar makna dari cinta, bahkan berbeda sumber berbeda pula maknanya, tetapi didalam perbedaan itu apabila kita kaji lebih mendalam terdapat suatu kesamaan arti. Terkadang kita bisa mendefinisikan sendiri makna cinta, tergantung dari cara pandang kita bagaimana menilainya, semua itu tentu saja bagi kita yang sudah pernah mengalaminya. Berikut adalah beberapa definisi cinta dengan mengibaratkan pada topik-topik matematika.

Cinta ibarat berada didalam semesta pembicaraan
Yakni objek-objek dioperasikan dengan memandang semestanya. Dalam hal ini, cinta tidak layak tumbuh jika menyimpang dari ajaran agama, hukum, maupun aturan-aturan yang berlaku.

Cinta ibarat relasi pada himpunan
Yakni suatu hubungan antara dua anggota himpunan tanpa memperhatikan aturan memasangkan. Dalam hal ini, cinta adalah suatu hubungan antara dua anak manusia tanpa memandang siapa berpasangan dengan siapa, semisal status sosial mereka dalam kehidupan.

Cinta ibarat operasi aljabar
Yakni suatu usaha untuk mendapatkan hasil operasi. Dalam hal ini, cinta membutuhkan upaya yang keras untuk mendapatkan hasil yang ingin dicapai, tidak hanya dengan ucapan, melainkan juga ditunjukkan dengan perbuatan.

Cinta ibarat fungsi bijektif pada himpunan
Yakni hubungan antara sebarang anggota himpunan yang satu ke tepat satu anggota himpunan lain demikian pula sebaliknya. Dalam hal ini, cinta hanya ditujukan oleh seseorang ke tepat satu lawan hati, demikian sebaliknya si lawan hati juga menujukan cintanya ke tepat satu, yaitu orang yang bersangkutan.

Cinta ibarat terletak didalam persekitaran titik tetap dengan jari-jari bilangan real nonnegatif tertentu
Yakni letak titik-titik dengan jarak dari titik tetap adalah bilangan real nonnegatif tertentu. Dalam hal ini, cinta adalah suatu perasaan yang menganggap keberadaan sang pujaan didalam hati terletak dalam jarak yang sangat dekat.

Cinta ibarat barisan konvergen
Yakni barisan yang mempunyai limit dan limitnya adalah tunggal. Dalam hal ini, cinta adalah suatu perasaan didalam hati yang menuju dengan tunggal hanya ke sang pujaan.

Cinta ibarat fungsi monoton tidak turun
Yakni suatu fungsi yang jika semakin besar nilai anggota domainnya maka semakin besar pula nilai fungsinya. Dalam hal ini, cinta adalah rasa kasih dan sayang yang semakin lama tidak akan pernah berkurang apalagi hilang.

0 komentar:

Poskan Komentar

By :

Thank You Myspace Comments Cartoons Myspace Comments